Arman Seorang blogger pemula yang suka berpetualang ke berbagai tempat-tempat menarik.

Wisata Lagundi, Di Perairan Timur Danau Toba

2 min read

Wisata Lagundi di samosir

Jika kita membahas keindahan Danau Toba, tentu tak ada habis-habisnya. Danau Terbesar di Indonesia ini menyimpan sejuta keindahan yang mampu memikat dan memanjakan mata siapa saja yang berkunjung kesana. Seperti pengalaman saya beberapa waktu yang lalu, saat berlibur ke perairan timur Danau Toba, tepatnya di Lagundi Desa Sitamiang, Kecamatan Onan Runggu, kabupaten Samosir.

Ada banyak tempat yang bisa dikunjungi di Lagundi ini, seperti Pondok dan Perkemahan di Lagundi, Bermain Banana di Villa Vantas Sitamiang, berkeliling Danau Toba dengan kapal wisata, dan melihat keindahan Air Terjun Situmurun.

Wisata Di Lagundi

Pondok Dan Perkemahan di Lagundi

Perkemahan di Lagundi

Wisata Samosir di Kecamatan Onan Runggu yang menyediakan lokasi untuk perkemahan yang dilengkapi dengan pondok remaja ini merupakan tempat wisata dengan airnya yang segar dan udara yang sejuk.

Wisata ini sangat cocok untuk muda-mudi yang ingin camping dan bermain out bound dengan view Danau Toba yang sangat indah.

Bermain Banana Boat

Bermain Banana boat merupakan kegiatan yang tak kalah seru yang sayang untuk dilewatkan. Di desa Sitamiang ini terdapat wahana bermain Banana Boat yang bisa kita sewa dengan jumlah 4-6 orang. Air danaunya yang jernih menjadi penambah keseruan dalam bermain banana boat mengitari pinggiran Danau Toba. Sesekali menyeburkan diri ke danau dari atas banana akan terasa seru dan menguji adrenalin kita.

Berkeliling Menggunakan Kapal Wisata

Jika anda masih merasa kurang puas bermain Banana Boat? Kita juga bisa menyewa kapal wisata disana. Ada 2 kapal wisata yang melayani wisatawan untuk berkeliling Danau Toba. Kapal Vantas 1 dan Vantas 2 merupakan kapal wisata dengan 3 tingkat yang terbilang besar dan cepat. Kapal ini juga mampu mengangkut kendaraan roda 2 maupun roda 4 walau bukan termasuk jenis kapal ferry.

Ada 2 tempat menarik yang bisa dikunjungi menggunakan kapal wisata ini, yakni Air Terjun Situmurun dan Ecovillage Silimalombu. Lokasinya yang tidak jauh dari dermaga kapal wisata di desa Sitamiang ini menjadi pilihan wisatawan yang ingin menikmati wisata di perairan sisi Timur Danau Toba. Bahkan untuk menuju ke air terjun Situmurun, hanya butuh waktu 30 menit saja untuk sampai kesana.

Bermalam Di Villa Vantas Sitamiang

Selain ada lokasi camping untuk bermalam, di Lagundi juga terdapat Villa yang sangat bagus untuk keluarga. Villa ini memiliki kamar yang cukup luas untuk anda yang berlibur membawa keluarga. Di sekitar Villa ini kita juga bisa memancing ikan dan berenang serta menikmati view danau yang sangat indah, karena Villa ini tepat berada di pinggir Danau Toba.

Dari Villa ini terlihat jelas Air Terjun Situmurun yang airnya langsung jatuh ke danau. Selain itu, di sisi timurnya terlihat tebing bebatuan yang sangat indah berdiri kokoh di pinggiran Danau Toba. Sungguh pemandangan yang sangat indah yang sayang untuk dilewatkan tentunya.

Lokasi Wisata

Nah, untuk menuju Lagundi ada 2 rute yang bisa kita lalui. Pertama dengan menyeberang menggunakan kapal dari Pelabuhan Ajibata ke Pelabuhan Lagundi. Kedua adalah menyeberang dari Pelabuhan Ajibata ke Tomok. Namun, saya merekomendasikan pilihan kedua, karena ada tempat-tempat menarik yang bisa kita lalui nantinya sepanjang perjalanan.

Pelabuhan Lagundi
Pelabuhan Lagundi

Menuju wisata Lagundi dengan mengitari Pulau Samosir dari Tomok ternyata sangatlah indah. Kita akan melewati beberapa tempat wisata seperti Air Terjun Sigarattung, Batu Marhosa dan Panatapan Dolok Nagugun Sipira. Belum lagi indahnya jalan berkelok sepanjang perjalanan akan menambah pengalaman anda nantinya.

Nah, bagi kamu yang ingin berlibur ke Lagundi dan ingin mengunjungi beberapa tempat wisata lainnya yang ada disana, kamu bisa menghubungi bang Jepri Gultom di nomor 0821-2497-5557. Ada banyak informasi yang bisa anda dapatkan nantinya, seperti informasi penyewaan kapal, penginapan di villa dan mungkin menjadi pemandu yang menemani perjalanan anda menikmati sisi timur perairan Danau Toba yang begitu indah.

Arman Seorang blogger pemula yang suka berpetualang ke berbagai tempat-tempat menarik.

One Reply to “Wisata Lagundi, Di Perairan Timur Danau Toba”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *