Arman Seorang blogger yang suka berpetualang ke berbagai tempat-tempat menarik di dunia.

Tips Backpacker Ke Bali Dengan Biaya Minim

4 min read

Tips Backpacker Ke Bali Dengan Biaya Minim

Saya akan berbagi tips backpacker ke Bali dengan biaya minim. Informasi liburan berdua bersama teman beberapa waktu yang lalu di Bali ini hanya mengeluarkan biaya yang sedikit dibandingkan liburan ke beberapa tempat wisata terkenal lainnya.

Pengalaman ini semoga bisa menjadi tips backpacker yang baik buat sobat yang ingin merencanakan liburan ke Bali. Dan berikut dibawah ini tips backpacker ke Bali dengan biaya minim ala admin jiwapetualang.com.

  1. Pastikan anda sudah tiba di Bali, bukan Balige atau Balik Papan atau lainnya.
  2. Sewa sepeda motor melalui internet dan minta antarkan ke bandara. Jadi begitu anda mendarat di bandara, tidak perlu cari taksi-taksian lagi. Harga sewa sepeda motor di Bali bekisar 50.000 untuk 24 jam.
  3. Pastikan di hp anda tersedia peta, semisal google map, sehingga anda tau tujuan pertama anda.
  4. Untuk hari pertama pesan hotel via agen perjalanan online dan pesannya dari jauh-jauh hari sebelumnya. Mana tau ada promo lebih murah. Agak mahalan dikit juga enggak apa-apa, namanya baru nyampek, jadi perlu istirahat dulu sebelum benar-benar melakukan petualangan. Ingat, mahal disini adalah paling mahal 200.000 / malam. Jadi begitu nyampek di bali, langsung menuju hotel yang dipesan dan untuk rute jalannya tinggal lihat peta google map di hp anda.
  5. Siap-siap untuk ke Kuta dan Legian dengan bantuan Google…yupz, kecuali anda sudah stay disana.
  6. Setelah sampai di Kuta, siap-siap cari penginapan selanjutnya. Disini ada banyak penginapan dengan harga murah, seperti di jalan Poppies I dan II , di sekitaran jalan Majapahit dan Patimura apalagi. Harga penginapan disana bekisar Rp. 75.000 / malam.
  7. Untuk makan sangatlah gampang. Disana banyak juga restaurant atau rumah makan muslim. Jadi jika anda beranggapan bahasa inggris itu sangat perlu disana, anda salah, yang diperlukan adalah bahasa jawa, mengapa??? Karena kebanyakan yang jual makanan disana adalah orang jawa. Lalu dengan akting seakan-akan sudah lama di bali dan kehabisan duit, lalu makan di warung dengan bermodalkan basa-basi dan ramah tak menentu serta bantuan om google, kita bisa makan seharga 12.000 dengan es teh manis.
    Buat apa google?? Biar dapat makan murah, basa-basi tanya asal penjualnya, lalu langsung cari deh daerah tersebut di google. Selanjutnya mulai mengarang bebas seakan-akan anda pernah ke daerah tersebut tapi cuma sebentar. Yakin deh pasti timbul rasa ikatan emosi antara anda dan penjual, dan dia akan kasihan (hahaha).
  8. Tentukan tempat-tempat yang ingin anda kunjungi. Bagi Bali menjadi beberapa tempat. Jadi misalnya hari ini kita menyusuri Bali bagian selatan, besok ke timur dan besok-besoknya lagi ke utara.
  9. Untuk permainan atau masuk ke tempat-tempat objek wisata yang ada hiburan atau permainannya ataupun makan di tempat-tempat tertentu, semisal restoran besar atau dekat objek wisata dan dinner di Jimbaran yang harga cukup menguras kantong. Saya sarankan memesan via voucher, harga bisa cuma dapat separuh atau dijamin lebih murah daripada harga saat beli di tempat. Untuk info voucher banyak kok yang jual via internet.
  10. Bila merasa kejauhan untuk melihat lumba-lumba di utara Bali, anda bisa mengakali dengan pindah penginapan di daerah tengah. Jadi, setelah jalan-jalan di selatan Bali, selanjutnya pindah hotel ke daerah Ubud. Disini lebih sejuk dan tenang. Disini juga banyak objek wisatanya, satu hari di Ubud, keliling-keliling ke daerah Besakih, Monkey Forest dan Tirta Empul. Baru besoknya ke Singaraja…dan singgah di Kintamani melihat danau dan Gunung Batur.
  11. Oleh-oleh belinya pas mau pulang ya, dari pada entar mau jalan-jalan tapi kelihatan kayak orang kena usir dari kost-kostan. Selain pasar Sukowati tempat yang murah untuk oleh oleh adalah di depan toko Joger yang di Kuta. Dijamin lebih murah, bahkan bisa beda 5.000 untuk yang harganya 20.000 an.
Besakih Temple

Ok, itu dulu tips dari saya. Semoga tips backpaker ke Bali dengan biaya minim ini berguna buat sobat semuanya.

Itinerary :

Hari pertama : Langsung menuju hotel, istirahat, tidur-tidur manja dan menikmati kolam renang. Lalu sorenya melihat sunset di Kuta dengan bonus melihat pemandangan yang tidak ada di kampung saya. (kan enggak mungkin saya ceritakan kalau disana saya lihat bule-bule berjemur hanya menggunakan bikini dan sempak sambil tidur-tiduran, hehehe).

Hotel : 200.000, bagi 2 jadi 100.000 per orang.
Makan malam : 15.000.
Kuta : parkir 2.000 sisanya gratis.

Hari kedua : Siap sarapan (sarapan roti sisa kemaren di jalan bawa dari Medan) langsung ke Tanjung Benoa. Disini kami olahraga permainan air, seperti nyelam, snorkling, parasailing, jetski, banana boat dan lain-lain.. Siangnya ke pantai Pandawa dan pantai Padang-padang. Lalu sorenya ke Uluwatu sambil nonton tari kecak dan menikmati sunset (buat yang jomblo seperti saya tidak dianjurkan melihat sunset…karena momen-momen romantis begini menambah penyesalan dalam hidup hahahaha).

Permainan di Tj. Benoa : 400.000 (menyelam dan parasailing adventure) atau sesuai permainan saya beli lewat voucher.
Makan siang : 15.000.
Pantai Padang-padang 10.000.
Pantai Pandawa : 6.000.
Uluwatu dan tari kecak 1: 00.000
Makan malam : 20.000.
Hotel 80.000 bagi dua jadi : 40.000.

Hari ketiga : Siap sarapan (rotiku ternyata masih ada hahahhaha) langsung cabut main arung jeram. Siangnya istirahat atau bisa juga jalan-jalan ke Denpasar melihat-lihat kota lalu sorenya ke Garuda Wisnu Kencana, terus lanjut ke Jimbaran, dinner di pinggir pantai sambil menikmati sunset.

Arung jeram dan include makan siang : 240.000
GWK : 85.000.
Dinner Jimbaran : 75.000.
Hotel : 40.000.

Hari keempat : Pindah hotel ke daerah Ubud, disini saya melihat sawah Terasering (sebenarnya buat saya yang dari kampung-kampung, sungguh tidak tertarik. Soalnya jauh-jauh ke bali disuruh lihat sawah, di kampung saya pun banyak sawah, di samping rumah pun sawah, di belakang rumah pun sawah.

Sekarang kemari disuruh lihat sawah. Aduh mau sebagus manapun, yang namanya sawah tetap aja sawah) Monkey Forest dan Tirta Empul plus jalan-jalan di desa-desa Ubud.

Hotel 90.000, bagi 2 jadi : 45.000.
Monkey forest : 40.000.
Tirta empul dan jalan-jalan di desa ubud : Gratis.
Makan siang dan malam : 40.000.

Hari kelima : Check out dari hotel langsung ke Pura Besakih, lalu makan siang sambil menikmati pemandangan gunung dan danau Batur, lalu singgah di Kintamani sambil melihat kebun kopi, setelah itu langsung tancap gas menuju daerah Singaraja, Pantai Lovina dan check in di hotel.

Pura Besakih : 10.000.
Kebun kopi dan kopi luwak : 100.000.
Foto danau dan gunung batur : Gratis .
Makan di Kintamani : 20.000.
Hotel 120.000 bagi 2 jadi : 60.000.
Makan malam : 15.000.

Hari keenam : Jam 6 pagi langsung ke laut melihat lumba-lumba, lalu sarapan di hotel, istirahat bentar kemudian check out. Selanjutnya kami balik ke Kuta, lalu di perjalanan singgah di Air Terjun Git-git dan Pura Ulundanu Bedugul, pura yang di tengah danau, lalu pulangnya langsung menuju ke Tanah Lot, pura di tengah laut sambil menikmati sunset. Malamnya balik ke hotel di Kuta.

Melihat lumba-lumba : 100.000.
Air terjun : 10.000.
Makan siang : 20.000.
Ulundanu bedugul : 10.000.
Tanah lot : 20.000.
Makan malam : 15.000.
Hotel 80.000 bagi 2 jadi : 40.000.

Hari ketujuh : Menikmati sunrise di pantai Sanur setelah itu belanja oleh oleh, kemudian ke bandara dan pulang.

Belanja Oleh-oleh : 125.000

Tips lainnya yang direkomendasikan atau tempat yang layak untuk kamu kunjungi seperti :

  1. Bebek Tepi Sawah, harga murah makanan enak.
  2. Bale Udang Mang Engking dengan view tengah kolam dijamin nyaman (beli lewat voucher).
  3. Usahakan untuk menyewa sepeda motor, karena jalanan di daerah Kuta dan Denpasar serta ke tempat-tempat objek wisata, hampir semuanya macet parah. Sewa motor 50.000 tapi kalau sewa seminggu bisa 300.000 dan bisa bagi 2 jadi per orang 150.000 dan minyak 100.000.

Jadi dengan dana tidak sampai 2.000.000 kita sudah bisa melakukan hal-hal kece dan mengelilingi pulau Bali dengan puas. Nah, semoga tips backpacker ke Bali dari saya bisa bermanfaat bagi anda semua.

Arman Seorang blogger yang suka berpetualang ke berbagai tempat-tempat menarik di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *