Arman Seorang blogger yang suka berpetualang ke berbagai tempat-tempat menarik di dunia.

Mengunjungi Istana Taman Sari Di Jogja

1 min read

Istana Taman Sari

Taman Sari Yogyakarta merupakan istana bekas keraton yang dibangun pada tahun 1758-1765. Kini, istana air Taman Sari Jogja ini terkenal berkat para instagramer yang memposting keindahan bangunan tersebut. Hal ini jugalah yang membuat saya tertarik untuk mengunjunginya saat liburan di Jogja kemarin.

Baca Juga : Melihat Kota Jogja Dari Ketinggian Di Puncak Becici

Harga tiket masuk ke Istana Taman Sari pada saat itu adalah Rp.5.000 plus 2 ribu rupiah karena kami membawa kamera. Bangunan yang dulunya disebut sebagai The Fragrant Garden ini menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk melihat keindahan bangunan tersebut, sambil mengabadikannya melalui kamera.

Denah Taman Sari
Denah Taman Sari – Source : Keratonjogja.id

Ada 5 bagian utama pada bangunan ini, yakni Gedhong Gapuro Hageng, Pasiraman Umbul Binangun, Gedong Sekawan, Sumur Gumuling dan Pulo Kenanga. Namun yang menjadi daya tarik bagi saya adalah Pasiraman Umbul Binangun yang mempunyai ciri khas kolam yang dulunya menjadi tempat mandi sultan dan keluarganya.

Begitu juga dengan lorong Taman Sari ini yang mengingatkan saya seperti benteng Jepang yang ada di Bukittinggi, Sumatera Barat. Sayangnya ada banyak bagian bangunan yang sudah hancur, mungkin disebabkan oleh gempa yang terjadi pada 2006 silam. Gempa bumi 2006 silam merupakan gempa tektonik kuat yang pernah mengguncang Yogyakarta pada subuh dini hari, dengan kekuatan 5,9 skala richter.

Lokasi Taman Sari

Lokasi Istana Taman Sari Jogja beralamat di Jalan Tamanan, Patehan Keraton, Kota Yogyakarta yang juga tidak jauh dari Keraton Yogyakarta. Kebetulan pada saat itu kami menginap di Adistana Hotel yang jaraknya tidak jauh dari lokasi Taman Sari ini. Hanya butuh 10 menit menggunakan roda empat bagi kami untuk sampai kesana.

Baca Juga : Ini Dia Daftar Kuliner Terkenal Yang Ada Di Jogja

Nah, bagi anda yang ingin mengunjungi Taman Sari ini, waktu yang tepat untuk berkunjung adalah di pagi harinya. Perlu anda ingat, bahwa Istana Air Taman Sari ini buka mulai dari pukul 09.00-15.00 wib. Jadi ada ada sisa waktu di sore harinya bagi anda untuk mengunjungi tempat-tempat menarik lainnya yang ada di Jogja.

Arman Seorang blogger yang suka berpetualang ke berbagai tempat-tempat menarik di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *