Arman Seorang blogger yang suka berpetualang ke berbagai tempat-tempat menarik di dunia.

Daftar Kuliner Terkenal Di Kota Medan

2 min read

Kuliner terkenal di Medan

Jalan-jalan ke kota Medan dan sekitarnya, tak lengkap rasanya jika tidak menikmati hasil kulinernya. Ada banyak makanan yang bisa anda bawa pulang untuk dijadikan oleh-oleh saat berwisata ke kota Medan atau Sumatera Utara. Medan sejak dulu terkenal dengan wisata alam dan wisata kulinernya, sehingga banyak wisatawan yang ingin berlibur kesana.

Bagi anda yang merencanakan liburan ke kota Medan, tidak ada salahnya mengetahui kuliner terkenal di kota Medan ini untuk bisa menjadi oleh-oleh nantinya. Berikut adalah daftar kuliner terkenal di kota Medan tersebut :

1. Bika Ambon

Jangan bilang jika makanan ini berasal dari kota Ambon ya. Makanan yang satu ini sangat terkenal dan bahkan wajib untuk anda jadikan oleh-oleh saat berkunjung ke kota Medan. Bika Ambon memiliki rasa yang enak dan legit yang bisa anda santap baik di pagi, siang maupun malam harinya.

Jajanan Bika Ambon banyak diperjual di berbagai sudut kota Medan. Namun Bika Ambon yang terkenal di kota Medan adalah Bika Ambon Zulaika yang terletak di jalan Majapahit, tak jauh dari pusat kota Medan.

Bika Ambon Zulaika, Jl. Mojopahit No.70 A Medan Petisah

2. Sirup Markisa

Markisa merupakan buah-buahan yang memiliki rasa asam manis yang nikmat di lidah. Bisa diijadikan sebagai sirup untuk menemani sarapan maupun makan siang, kapan pun yang diinginkan.

Sirup markisa Medan yakni olahan dari buah markisa yang banyak tumbuh di daratan Karo, Sumatera Utara yang bisa dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke kota Medan. Ada banyak penjualan sirup markisa MEdan yang bisa anda kunjungi disana.

Bahkan sirup markisa Medan telah terkenal di penjuru negeri ini, sebagai oleh-oleh khas Medan. Jadi, rugi rasanya jika anda tidak membawa sirup markisa Medan untuk dijadikan oleh-oleh.

3. Bolu Meranti

Nah, oleh-oleh atau kuliner asal Medan terkenal lainnya yang bisa anda coba adalah Bolu Meranti. Makanan ini sangat nikmat dan memiliki tampilan dan rasa yang tidak mengecewakan. Bolu Meranti ini merupakan salah satu oleh-oleh khas Medan yang paling banyak diburu oleh wisatawan. Kue bolu ini memiliki banyak varian rasa seperti keju, blueberry, cokelat, stroberi, nanas, moka, dan kacang.

4. Durian Medan

Durian Medan terkenal akan kelezatannya dan harganya yang murah. Jika anda berada di kota Medan, jangan terkejut jika menemukan banyak durian yang dijual dengan harga yang murah di pinggiran jalan di sudut kota Medan.

Umumnya durian Medan dijual per buah, bukan perkilo atau ditimbang. Anda bisa mencoba untuk menyicipi buah asli Indonesia ini di pinggiran jalan atau dibeberapa UKM yang menjual khusus durian tersebut.

Salah satu lokasi penjualan durian yang legendaris dan terkenal di kota Medan adalah Ucok Durian dan Sibolang Durian. Saat ini Ucok Durian berlokasi di jalan Pelajar Timur, Medan Teladan. Sedangkan Sibolang Durian berlokasi di jalan Iskandar Muda.

5. Pancake Durian

Sama halnya dengan durian Medan, pancake durian merupakan makanan olahan dari buah durian ini menjadi salah satu kuliner terkenal di kota Medan. Ada banyak penjual pancake durian asal Medan yang bisa anda kunjungi saat berlibur di kota Medan. Pancake durian Medan memiliki harga yang lebih murah dibandingkan pancake durian yang dijual di kota-kota besar lainnya di Indonesia.

6. Roti Ganda

Nah, ini merupakan makanan terkenal dari kota asal saya, yakni Siantar. Jika anda jalan-jalan ke kawasan wisata Danau Toba, tentu akan melewati salah satu kota yang menjual roti ganda. Roti Ganda merupakan salah satu makanan terkenal di kota Pematangsiantar yang bisa dijadikan oleh-oleh saat anda berkunjung ke Sumatera Utara.

Rasa roti tawarnya yang lembut dengan olesan mentega khas yang sangat lezat, menjadikan Roti Ganda sangat terkenal. Bahkan setiap harinya, toko penjulan roti ganda selalu ramai diserbu oleh pembelinya. Lokasi toko roti ganda ini terletak di jalan Sutomo dan jalan Kartini kota Pematangsiantar.

Biasanya, jika saya keluar kota, saya selalu membawa Roti Ganda ini untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Ada banyak rasa yang menjadi favorit saya seperti roti srikaya dan meseseres.

7. Kacang Sihobuk

Kuliner asal Medan selanjutnya yang terkenal adalah Kacang Sihobuk. Sesuai namanya, makanan ringan ini berasal dari Desa Sihobuk, Tarutung, Tapanuli Utara. Kacang Sihobuk yakni kacang tanah yang dimasak dengan pasir (sangrai) dalam kuali besar hingga garing secara merata. Kualitas kacang yang baik dengan cita rasa yang gurih dan lezat, menjadikannya terkenal dan banyak diburu oleh wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh.

8. Teri Medan

Kuliner khas Medan lainnya yang terkenal adalah Teri Medan. Makanan yang menjadi favorit masyarakat lokal ini, bisa anda dapatkan hampir di seluruh pasar tradisional di kota Medan. Salah satunya Pasar Sentral yang menjadi pusat pedagang ikan teri yang ada di kota Medan. Adapun produk yang dijual di tiap kios adalah jenis ikan teri tauge Medan dan ikan teri nasi Medan yang sudah sangat terkenal dengan rasa gurihnya.

Saat ini sudah banyak produk ikan teri olahan yang bisa dibeli dalam bentuk kemasan. Salah satu teri olahan yang banyak diburu adalah Teri Bajak Medan. Produk ini mengemas ikan teri menjadi sambal ikan teri dengan berbagai rasa, seperti sambal cabai merah dan cabai rawit.

Bagi pencinta masakan pedas dan gurih, oleh-oleh satu ini bisa kamu dapatkan di Toko Nusantara, Jalan T. Amir Hamzah No 17 – Medan.

Nah, itulah daftar kuliner terkenal asal Medan yang bisa anda jadikan sebagai oleh-oleh saat berkunjung kesana.

Arman Seorang blogger yang suka berpetualang ke berbagai tempat-tempat menarik di dunia.

One Reply to “Daftar Kuliner Terkenal Di Kota Medan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *