Arman Seorang blogger yang suka berpetualang ke berbagai tempat-tempat menarik di dunia.

Bangunan Bersejarah Yang Terkenal Di Kota Medan

2 min read

Kantor Pos Medan

Halo sobat jiwa petualang, apa kabar? Kali ini saya akan membagikan informasi tentang lokasi wisata budaya atau bangunan bersejarah yang ada di kota Medan. Jika kamu sedang berlibur ke kota Medan, jangan sampai lupa untuk mengunjungi beberapa lokasi wisata yang saya sebutkan dibawah ini ya.

Medan merupakan ibu kota provinsi Sumatera Utara yang terkenal akan wisata dan kulinernya. Di kota ini juga kamu bisa menemukan berbagai objek wisata sejarah seperti bangunan bersejarah yang bisa menambah wawasan atau pengetahuan kamu, diantaranya adalah sebagai berikut :

Baca Juga : Daftar Kuliner Terkenal Di Kota Medan

1. Mesjid Raya Al Mashun Medan

Mesjid Raya Medan – Jl. SM Raja

Mesjid dengan gaya Asia, Eropa dan Timur Tengah ini merupakan mesjid dan icon kebanggaan warga kota Medan. Didirikan sejak tahun 1906 dibuat oleh arsitek asal Belanda dan selesai pada tahun 1909.

Mesjid Raya Medan berlokasi di jalan Sisingamangaraja Medan atau tepat berada disamping kolam Deli dan juga tidak jauh dari Istana Maimun. Jika ingin mengunjungi Mesjid Raya ini, ada banyak angkutan umum yang bisa kamu tumpangi.

2. Graha Bunda Maria Annai Valengkanni

Graha Bunda Maria – Jl. Sakura III Tj. Slamat

Ini merupakan lokasi destinasi wisata religi di kota Medan bagi umat Katolik. Namun siapa saja bisa mengunjungi Graha Bunda Maria ini untuk melihat keindahan bangunan tersebut. Bangunan gereja ini memang cukup unik, karena memiliki arsitektur mirip rumah peribadahan umat Hindu.

Graha Bunda Maria Annai Valengkanni yang dibangun oleh seorang pastor dari India yang bernama James Bharataputra berlokasi di jalan Sakura III No.7, Tanjung Selamat – Medan. Graha Bunda Maria Annai Valengkanni ini menjadi tujuan wisata religi bagi wisatawan domestik dan juga mancanegara.

3. Kuil Shri Mariamman, Kampung Keling

Kuil Shri Mariamman – Jl. Zainal Arifin

Kuil Shri Mariamman adalah kuil Hindu tertua di Kota Medan, Indonesia. Kuil ini dibangun pada tahun 1881 untuk memuja dewi Mariamman. Kuil ini terletak di jalan Zainul Arifin atau kawasan yang dikenal sebagai “Kampung Keling” dan merupakan lokasi yang ramai dan padat akan jajanan kulinernya. Sangat cocok dikunjungi bagi anda yang suka jalan-jalan sambil menikmati kuliner di malam hari.

Pada malam tahun baru misalnya, masyarakat membludak membanjiri daerah sekitar Jl. Zainul Arifin Kampung Keling untuk menyaksikan pesta kembang api. Sepanjang jalan ini memang dikenal banyak kembang api disuguhkan dengan aneka macam warna.

4. Istana Maimun

Istana Maimun – Jl. Brig. Katamso

Salah satu cagar budaya yang hingga kini masih berdiri megah ini dikatakan sebagai salah satu istana terindah yang ada di Indonesia.

Siapapun akan takjub dibuatnya dengan kemegahan Istana Maimun yang dibangun pada tahun 1888 ini. Istana Maimun memiliki perpaduan arsitektur Islam, India, Spanyol, dan juga Italia yang sangat terlihat jelas di setiap sisi bangunannya.

Istana Maimun di bangun pada era Sultan Mahmud Al Rasyid yang ketika itu di arsiteki oleh seorang berkebangsaan Italia. Untuk lokasinya sendiri terletak di jalan Katamso, kelurahan Sukaraja yang masih di dalam wilayah kecamatan Medan Maimun, atau tidak jauh dari Mesjid Raya Medan.

5. Rumah Tjong A Fie

Rumah Tjong A Fie – Jl. Ahmad Yani

Jika kamu sedang berada di kota Medan, sempatkanlah untuk mengunjungi bangunan ini. Rumah Tjong A Fie merupakan rumah peninggalan dari seorang pengusaha besar perkebunan yang konon kabarnya ketika itu memiliki lebih dari 10.000 orang karyawan.

Rumah ini dibangun pada tahun 1988 yang memiliki arsitektur yang sangat megah, dengan memadukan arsitektural bangunan China, Eropa, serta Melayu. Rumah tersebut juga memiliki sekitar 40 kamar yang hingga kini kondisinya masih sangat terawat.

Lokasi Rumah Tjing A Fie berada di jalan Pemuda atau Kesawan Square yang tidak jauh dari Lapangan Merdeka Medan atau tepat di pusat kota Medan. Di sekitar lokasi ini juga banyak jajanan kuliner di malam harinya yang bisa anda kunjungi untuk menikmati makanan-makanan lezat dari kota Medan.

6. Gedung Lonsum

Gedung Lonsum – Jl. Ahmad Yani

Gedung London Sumatra (Lonsum) di Kota Medan, merupakan salah satu peninggalan zaman kolonial yang hingga kini masih berdiri kokoh. Saat didirikan, gedung ini merupakan kantor dari perusahaan perkebunan milik Harrisons & Crossfield Plc, yakni perusahaan perkebunan dan perdagangan yang berbasis di London. Oleh Harrisons & Crossfield gedung ini disebut dengan gedung Juliana.

Letak Gedung Lonsum berada di jalan Ahmad Yani, Kesawan kawasan pusat kota Medan. Lokasi tersebut sangat mudah diakses bagi wisatawan yang ingin menelusuri berbagai wisata di pusat kota Medan. Di sekitar Gedung London Medan juga terdapat beberapa bangunan tua peninggalan Belanda dengan gaya arsitekstur kolini Belanda seperti Kantor Pos Medan yang menjadi titik nol kota Medan.

7. Kantor Pos Medan

Kantor Pos Medan merupakan salah satu bangunan bersejarah yang hingga kini masih berdiri kokoh di tengah-tengah kota Medan. Letaknya yang berhadapan dengan Lapangan Merdeka, membuat bangunan ini menjadi objek wisata bersejarah yang ramai dikunjungi oleh wisatawan asing maupun lokal.

Gaya arsitektur bangunan kantor pos Medan ini masih kental dengan gaya nuansa Belanda. Uniknya, sampai saat ini, bangunan ini menjadi bangunan aktif untuk kantor pos pusat di kota Medan.

Nah, itulah bangunan bersejarah terkenal di kota Medan yang wajib untuk anda kunjungi saat liburan disana.

Arman Seorang blogger yang suka berpetualang ke berbagai tempat-tempat menarik di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *