Ini Dia Daftar Kuliner Terkenal Yang Ada Di Jogja

Ini Dia Daftar Kuliner Jogja Yang Terkenal

Jika anda sedang liburan ke Jogja, tidak lengkap rasanya jika tidak menikmati lezatnya kuliner dari kota wisata ini. Di Jogja ada begitu banyak makanan yang bisa anda cicipi, namun ada 5 kuliner yang populer atau terkenal menurut review saya disana. Mau tau apa saja daftar kuliner Jogja yang terkenal tersebut? Simak selengkapnya pengalaman saya saat menikmati lezatnya kuliner kota Yogyakarta pada ulasan dibawah ini.

1. Bakmi Jawa

Bakmi Jawa Pak Geno

Salah satu kuliner terkenal yang ada di Jogja adalah Bakmi Jawa Pak Geno. Lokasinya berada di jalan Parangteritis simpang jalan Gerilya. Kebetulan saat itu saya menginap di hotel yang tidak jauh dari lokasi ini dan bisa menikmati makanan legendaris yang dulunya merupakan langganan mendiang presiden Soeharto. Konon katanya, bukan hanya Presiden Soeharto yang kepincut dengan rasa bakmi  Jawa PakGeno ini. Keluarga Keraton Jogja juga disebut-sebut menjadi pelanggan setia Bakmi Jawa Pak Geno.

2. Gudeg Sagan

Gudeg Sagan

Nah hari kedua ke Jogja, saya tak ketinggalan untuk menyicipi gudeg. Namun salah satu yang menjadi pilihan saya adalah gudeg sagan yang menurut saya lain daripada yang lainnya. Gudeg ini memiliki ciri khas dengan kuah santan kental yang menjadikannya memiliki cita rasa tersendiri. Rumah makan Gudeg Sagan ini menyajikan gudeg basah yang dikombinasikan dengan menu bubur. Tertarik untuk mencobanya? Anda bisa mengunjunginya di jalan Prof. Dr, Herman Yohanes No.53, Sleman Yogyakarta.

3. Sate Klathak

Sate Klathak

Lelah menikmati keindahan alam yang ada di Jogja, perut pun terasa lapar. Apalagi saat liburan di hari ketiga di Jogja, saya mengunjungi lokasi ketinggian yang ada di Wisata Kalibiru, Kulon Progo. Cuaca di ketinggian tentu membuat badan terasa dingin. Sate kambing tentu makanan yang cocok untuk menghangatkan badan, apalagi jika menikmati hidangan yang diolah dengan baik seperti Sate Klathak ini misalnya.


Sate Klathak Pak Pong merupakan salah satu sate empuk yang banyak dikunjungi setiap harinya. Uniknya, sate ini ditusuk dengan tusukan yang lain daripada yang lain. Ya, tusukkan pada sate ini merupakan jeruji sepeda atau jari-jari sepeda. Unik bukan? Justru inilah yang membuat saya penasaran untuk mencobanya. Untuk rasa memang tak bisa dibohongi, karena selalu ramai setiap harinya. Lokasi Sate Klathak Pak Pong berada di Jl. Sultan Agung No.18, Jejeran II, Wonokromo, Bantul Yogyakarta.

4. Keripik Walang

Keripik Walang

Kuliner terkenal lainnya yang membuat saya ingin mencobanya adalah Keripik Walang. Camilan ini menjadi kuliner khas dari Jogja yang sangat terkenal. Keripik walang termasuk salah satu makanan favorit khas dari Gunung Kidul. Jika Anda melakukan perjalanan wisata dari Goa Pindul atau menuju kawasan Pantai Gunung Kidul, maka banyak pedagang kaki lima yang menjual makanan ini di dalam toples.

Makanan ini merupakan keripik jangkrik dan belalang yang di goreng dan terasa sangat gurih di lidah. Apalagi Keripik Walang ini memiliki kandungan protein dan nutrisi yang sangat tinggi. Bahkan katanya sudah banyak yang di ekspor ke luar.

5. Wedang Gedang

Wedang Gedang Khas Lereng Merapi

Nah, makanan terakhir yang terkenal di Jogja adalah Wedang Gedang khas Lereng Merapi. Setelah puas menjelajahi serunya menaiki Jeep di lereng Gunung Merapi, saya tak lupa untuk mencicipi makanan hangat ini.


Minuman yang terbuat dari ramuan rempah jahe, gula aren dan pisang ini disukai oleh banyak wisatawan yang berwisata ke Lereng Gunug Merapi. Wedang gedang sendiri berasal dari bahasa Jawa yang jika diartikan berarti minuman pisang. Buat yang sedang masuk angin, atau ingin menghangatkan badan, bisa mencoba untuk mencicipi Wedang Gedang ini. Anda bisa mencobanya dengan mengunjungi Kedai Melcosh yang berlokasi di Jalan Kaliurang KM 23.

Nah, itulah dia daftar kuliner Jogja yang terkenal yang sudah saya cicipi saat berlibur kesana. Walau ada banyak kuliner lainnya, namun menurut saya kelima kuliner diatas sangatlah lezat dan layak juga untuk anda coba jika sedang berlibur ke kota Jogja.

Posting Komentar

0 Komentar