Tips Backpaker Untuk Pemula

Tips Backpaker Untuk Pemula

Masih ragu untuk menjadi backpaker? Itulah pertanyaan yang banyak dibicarakan bagi sebagian orang yang menyukai bepergian. Merasakan petualangan ke berbagai pelosok untuk mengeksplorasi keindahan alam memang sangat menyenangkan. Apalagi bagi kamu yang memiliki budget yang cukup untuk berkeliling ke berbagai lokasi tersebut. Namun bagaimana jika kita hanya memiliki budget yang minim atau ingin melakukan perjalanan wisata secara sendiri (backpaker)? Berikut dibawah ini ulasan tips backpaker untuk pemula yang bisa anda ikuti.

Tentukan budged yang akan dikeluarkan

Hal pertama yang harus dilakukan oleh backpaker pemula adalah menghitung budget yang anda miliki. Jangan sampai anda kekurangan biaya saat melakukan perjalanan ke berbagai lokasi yang ingin anda kunjungi. Alokasi budget akan membantu kamu untuk mengontrol keuangan. Misalnya, kamu hanya bersedia mengeluarkan bujet maksimal 5 juta rupiah untuk liburan. Dengan jumlah segitu, kamu bisa menentukan destinasi mana yang tepat untuk kamu kunjungi. Selain itu, kamu bisa lebih realistis dalam memilih berbagai kebutuhan liburan.

Buatlah itinerary perjalanan

Itinerary berperan penting bagi backpacker pemula untuk merencanakan perjalanannya.Tidak mau kan jika perjalananmu kacau karena tidak tau apa-apa? Dalam perjalanan itu lumrah jika terjadi kejadian tidak terduga. Nah, dengan membuat itinerary tentu akan membantumu mengurangi masalah-masalah tak terduga tersebut.

Kebanyakan itinerary hanya berisi jadwal setiap perjalanan beserta tempat yang akan kamu kunjungi. Kamu juga bisa mengetahui jadwal keberangkatan transportasi yang ingin kamu tumpangi agar kamu tidak ketinggalan saat ingin berkunjung atau balik dari tempat wisata yang dikunjungi.

Bawalah barang seperlunya

Backpacker identik dengan barang bawaan yang banyak guna meminimalisir pengeluaran saat berwisata. Namun, sebaiknya usahakan untuk tidak membawa terlalu banyak barang agar bisa dimasukkan ke satu ransel atau koper. Agar praktis, sebaiknya siapkanlah kebutuhan per hari. Dengan begitu, kamu bisa menyingkirkan barang yang tidak diperlukan.

Selain akan memudahkan kamu saat beraktivitas, meminimalisasi barang bawaan juga bisa menghemat waktu dan biaya. Apalagi barang bawaan yang banyak akan merepotkan saat kamu menggunakan jasa transportasi udara dengan penambahan biaya bagasi pesawat yang saat ini sudah diterapkan oleh sebagian operator penerbangan di Indonesia.

Kontrol nafsumu selama perjalanan

Memang datang ke tempat yang baru itu sangat menyenangkan. Semuanya pasti ingin kamu kunjungi. Ingin pergi kesana, ingin membeli ini itu, dan sebagainya. Banyak kejadian orang yang tiba-tiba lupa dengan itinerari yang mereka buat. Semua dibeli dan dikunjungi sehingga lupa waktu dan lupa budget tentu akan merugikan dirimu sendiri. Cara terbaik adalah dengan mendisplinkan diri sendiri. Boleh lah fleksibel, asal selalu ingat dengan sisa waktu dan budget yang kamu miliki.

Berburu tiket pesawat jauh-jauh hari

Salah satu hal yang tidak kalah penting bagi backpacker pemula adalah menyiapkan tiket transportasi jauh-jauh hari. Kamu perlu berburu tiket jauh-jauh hari untuk mendapatkan harga tiket yang lebih murah dan tidak kehabisan tiket tentunya. Selain itu, ada banyak promo yang bisa kamu dapatkan jika mencari tiket dalam waktu yang panjang.

Cari penginapan terjangkau

Selain memesan tiket pesawat jauh-jauh hari, hal penting lainnya yang harus kamu lakukan adalah mencari penginapan yang terjangkau. Meski backpacker-an, bukan berarti kamu harus luntang-lantung tanpa tempat menginap di kota tujuan kok, ada beragam pilihan penginapan terjangkau yang bisa kamu gunakan untuk bermalam disana nantinya.

Mulai dari hostel, hotel kapsul, hingga menyewa rumah penduduk lokal merupakan beberapa pilihan yang bisa dipertimbangkan. Tak jarang pula penginapan yang menyediakan kamar untuk rombongan, jadi kamu bisa membayarnya secara patungan sesama backpaker. Di mana pun lokasi menginap, pastikan agar kamu tetap menyimpan barang bawaan dengan aman ya!

Berbaurlah dengan warga sekitar

Jangan pernah menjadi traveler yang asing dengan tempat yang kamu kunjungi. Cobalah untuk akrab dengan penduduk setempat. Bagikanlah senyum kepada mereka. Tak jarang, dari obrolan-obrolan ringan dengan mereka kamu akan menemukan tempat yang lebih bagus atau toko oleh-oleh yang lebih murah.Selain itu kamu juga akan mendapatkan teman baru yang bisa diajak untuk backpaker bersamaan.

Nah, itulah tips backpaker untuk pemula yang bisa anda lakukan. Jangan takut untuk bepergian sendiri karena belum memiliki pengalaman. Sebaliknya, jika kamu telah merencanakannya dengan matang, tentu perjalanan tersebut akan berjalan dengan baik.

Posting Komentar

0 Komentar