Daftar 15 Air Terjun Terkenal Yang Ada Di Sumatera Utara

Berwisata ke lokasi air terjun akan memberikan kita rasa ketenangan dan mampu merileksasikan pikiran. Deburan air yang jatuh dari ketinggian, ditambah suasana alami yang ada di sekitar air terjun akan membuat kita merasa lebih tenang. Itu sebabnya banyak orang yang ingin berwisata ke berbagai lokasi air terjun. Nah, salah satu air terjun di Indonesia yang terkenal, terdapat di provinsi Sumatera Utara.

Provinsi Sumatera Utara terkenal dengan banyaknya objek wisata yang indah. Provinsi yang berada di barat Pulau Sumatera ini memiliki banyak objek wisata yang sangat  terkenal seperti Danau Toba, Bukit Lawang, Air Terjun Sipiso-piso, Pulau Nias dan lain sebagainya.

Berhubung yang akan kita bahas adalah air terjun, maka pada kesempatan kali ini admin ingin berbagi informasi tentang daftar air terjun di Sumatera Utara. Berikut dibawah ini daftar 15 air terjun terkenal yang ada di Sumatera Utara :

1. Air Terjun Dua Warna

Sebagai warga Medan dan sekitarnya, air terjun ini merupakan salah satu keajaiban alam Sumatera Utara yang namanya sudah tersebar luas. Air terjun ini terletak di Desa Durin Sirugun, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang. Dikatakan Air terjun Dua Warna dikarenakan Air terjun ini memiliki dua warna yang berbeda.

Pada saat jatuh, airnya berwarna putih dan sewaktu sampai ke bawah airnya berwarna biru. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 75 meter ini masih terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser. Bisa ditempuh sekitar 1,5 jam dari Kota Medan. Sayangnya air terjun ini sudah ditutup untuk wisatawan, karena musibah banjir bandang yang pernah terjadi beberapa tahun silam.


2. Air Terjun Simempar

Wisata alam ini letaknya di Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Deli Sedang Sumatera Utara. Butuh sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Medan menuju kelokasi ini. Untuk mencapai puncak air terjun ini, kita harus berjalan lagi menyelusuri rimbunnya hutan selama 1 hingga dua jam perjalanan. Sebab jalanan yang harus kamu lewati lumayan terjal.

Jadi disarankan kamu harus menyewa jasa pemandu bila ingin ke wisata alam ini. Tapi tenang, tenaga kamu yang cukup terkuras akan terbayar sesampainya di air terjun ini. Kondisi air yang masih segar dan jernih akan membuat siapa saja tak sabar untuk menikmatinya.


3. Air Terjun Sipiso-piso

Siapapun warga Sumatera Utara pasti tidak asing lagi dengan air terjun yang satu ini. Air terjun Sipiso-piso terletak di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatra Utara. Menuju lokasi ini bisa ditempuh sekitar 2 atau 3 jam dari Medan.

Nah, Air Terjun Sipiso-piso yang memiliki ketinggian 120 meter ini berada di sekitar tepi Danau Toba bagian utara. Untuk mencapai air terjun ini, kita harus menuruni anak tangga yang banyak, maka dari itu diperlukan stamina yang kuat. Selain itu kita juga akan langsung menyaksikan indahnya alam Danau Toba, sepanjang menelurusi jalan ke bawah.


4. Air Terjun Limbong

Air terjun yang lokasinya tidak jauh dari Danau Toba ini, menyimpan keindahan yang sangat menakjubkan. Lokasi air terjun ini ada di desa Limbong, Kec.Sianjur Mula-mula, Kab.Samosir. Air terjun ini sudah mulai banyak diketahui banyak orang, namun sayangnya akses jalan menuju air terjun ini belum cukup baik. Jadi kalau kamu berniat kesini harus benar hati-hati ya.


5. Air Terjun Sampuren Putih

Air terjun yang memiliki ketinggian 3 meter ini masih dibilang populer di kalangan para penjelajah. Air terjun ini terletak di kawasan Desa Cinta Rakyat/Bas Ukum, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang. Untuk menempuh lokasinya diperlukan waktu sekitar 2 jam dari Medan. Jalan menuju lokasi air terjun ini bisa dikatakan cukup curam, untuk itu diperlukan persiapan yang lengkap seperti mengecek kendaraan sebelum berangkat. Tapi sesampainya disana, semua itu akan langsung terbayarkan oleh indahnya air terjun ini.


6. Air Terjun Sitapigagan

Siapa yang setuju kalau potret Air Terjun Sitapigagan ini keren banget? Pasti kalian ingin untuk menjelajahi wisata alam indah ini kan? Lokasi air terjun ini masih di Pulau Samosir, tepatnya Desa Bonan Dolok Kecamatan Sianjur Mulamula yang berjarak sekitar 25 km dari Pangururan, Samosir. Ada dua cara untuk bisa sampai ke air terjun indah ini. Pertama, menggunakan kapal laut menyebrangi danau. Kedua, menggunakan sepeda motor melalui jalan darat.


7. Air Terjun Tonduhan

Nah, kalau Air Terjun Tonduhan ini letaknya di Desa Buntu Bayu, Kecamatan Hatonduhan, Kabupaten Simalungun. Tepatnya berada di dalam areal perkebunan kelapa sawit PTPN IV Hatonduhan dan berjarak sekitar 33 kilometer dari Kota Pematangsiantar. Jika dari kota Medan, butuh waktu sekitar 4 jam-an lebih untuk sampai ke lokasi air terjun Tonduhan ini. Airnya yang jernih dan pemandangan nya yang bagus cocok bagi kamu yang ingin foto prewedding atau kamu yang hobi berfoto-foto. Dijamin hasilnya keren-keren deh.


8. Air Terjun Teroh-teroh

Masih di lokasi yang sama dengan wisata Pelaruga. Air terjun ini juga tidak kalah eksotis dengan Air Terjun Tongkat. Dinamakan Air Terjun Teroh-teroh dikarenakan air terjun ini tidak terlalu tinggi. Teroh-teroh dalam Bahasa Karo berarti bawah-bawah. Untuk menuju lokasi air terjun Teroh-teroh, kamu bisa melewati kota Binjai.


9. Air Terjun Mursala

Air terjun Pulau Mursala terletak di tebing curam yang bersentuhan langsung dengan laut Samudera Hindia. Air terjun ini berada di Kepulauan Mursala, Kabupaten Tapanuli Tengah, dan merupakan satu dari dua air terjun di Indonesia yang langsung jatuh ke laut.

Airnya tumpah dari ketinggian sekitar 35 meter dan bergabung dengan air asin lautan di bawahnya. Tebing granit berwarna coklat kemerahan, dikelilingi tumbuhan hijau yang seakan-akan memagari sang pulau. Paduan tersebut membuat Air Terjun Mursala tampak semakin eksotis dan misterius.

Baca Juga : Pengalaman Ikut Open Trip Ke Pulau Mursala

Untuk menuju ke lokasi air terjun ini, anda harus menyewa kapal boat dari Pandan atau Sibolga selama kurang lebih 2 jam perjalanan. Jika cuaca cerah, anda bisa mandi di dekat lokasi air terjun tersebut, namun harus tetap menggunakan pelampung ya.


10. Air Terjun Pande Namura

Air Terjun Pande Namura berada di Desa Kutarayat, Kecamatan Namanteran, Kabupaten Karo. Walaupun tak setenar Air Terjun Dwi Warna, tapi keindahan air terjun ini tidak kalah eksotisnya.

Sama seperti air terjun sebelumnya, untuk bisa sampai ke air terjun ini kamu harus menempuh perjalanan yang cukup berat dan melelahkan. Melewati hutan dan jalanan berbukit akan menjadi tantangan bagi kamu. Tapi, semua itu akan terbayarkan saat kamu melihat indahnya dan segarnya air terjun ini.


11. Air Terjun Jodoh Pamah Semelir

Air Terjun Jodoh Semelir adalah salah satu keajaiban Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL). Untuk masuk ke ekowisata ini kita menuju TNGL sektor Bekancan, yaitu di Dusun Pamah Semelir, Langkat. Untuk sampai ke lokasi dibutuhkan perjalanan sekitrar 2 jam berkendara dari kota Medan. Untuk menuju kesana, kamu harus memiliki stamina yang cukup dan kondisi yang prima.


12. Air Terjun Bah Biak

Air terjun Bah Biak terletak di Sidamanik, Kabupaten Simalungun persis bersebelahan dengan perkebunan teh Sidamanik. Untuk dapat menuju air terjun Bah Biak kita bisa memilih 2 rute, yaitu dari kota Pematangsiantar dan dari Tiga Runggu. Kalau dari kota Medan dan Parapat anda bisa melalui rute Pematangsiantar karena akan lebih dekat.

Sementara bagi anda yang berada di Tanah Karo atau Dairi anda bisa melalui rute Tiga Runggu. Air terjun Bah Biak ini sangat dekat dengan jalan raya, jaraknya hanya kurang lebih 1 km, namun lokasinya berada sedikit di jurang. Selain itu kondisi jalan menuju lokasi ini sedikit licin karena belum di aspal.


 13. Air Terjun Binangalom

Air terjun yang berasal dari mata air dan langsung mengalir ke Danau Toba ini jika diartikan oleh warga disekitar adalah "Sungai Penyejuk Hati". Ada 2 suku kata Bahasa Batak Toba yaitu Binanga dan Lom /Lum . Binaga artinya adalah Sungai dan Lom/Lum artinya penyejuk hati.

Air terjun Binangalom ini sangat diminati oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara. Untuk menuju lokasi air teejun ini, kita harus menyewa kapal penyebrangan atau kapal wisata dari pelabuhan Ajibata atau Parapat.


14. Air Terjun Namo Belanga

Air terjun Namo Blanga menjadi daftar air terjun yang sering dikunjungi oleh masyarakat Sumatera Utara. Sering disebut Pemandian Alam Dewi Shinta yang terletak di Desa Rumah Galuh, kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat.  Perjalanan dari kota Medan menuju tempat ini berkisar 2 jam. Salah satu kelebihan air terjun ini adalah airnya yang bening dan biru, sehingga kita dapat melihat dasarnya.


15. Air Terjun Pelangi

Dinamkan Air Terjun Pelangi karena pada saat siang hari pancaran sinar matahari yang menembus air akan memunculkan pelangi yang sangat indah. Air terjun ini terletak  di Desa Tanjung Timur, Deli Serdang. Daerah air terjun ini merupakan daerah yang dekat dengan wisata Danau Linting yang cukup terkenal disana. Untuk mencapai lokasi ke air terjun Pelangi, kamu harus menuruni tangga ke bawah. Untuk menuju lokasi air terjun tersebut, membutuhkan waktu 2 jam perjalanan dari kota Medan.


Nah, itulah daftar 15 air terjun terkenal yang ada di Sumatera Utara. Sebenarnya ada banyak air terjun terkenal lainnya yang tak kalah indahnya yang bisa anda kunjungi saat berlibur ke Sumatera Utara. Nantikan artikel menarik saya lainnya tentang air terjun di Sumatera Utara atau di Indonesia untuk bisa kita kunjungi.

Posting Komentar

0 Komentar