Pengalaman Ikut Open Trip Ke Pulau Mursala


Pulau Mursala merupakan pulau yang sangat indah terletak di kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Uniknya di pulau ini terdapat air terjun yang langsung jatuh ke laut. Konon katanya disinilah syuting film "King Kong" yang dirilis pada tahun 2005. Dan fakta uniknya lagi, air terjun yang langsung jatuh ke laut hanya ada 2 di Indonesia, yakni di Pulau Mursala dan Air Terjun Kahatola di Halmahera Barat.

Air Terjun Mursala memiliki ketinggian sekitar 35 m. Menurut cerita orang disana, air terjun ini berasal dari Danau Toba yang terletak di kabupaten Samosir yang mengalir melalui bawah tanah dan bawah laut. Mustahil rasanya jika dibayangkan. Oh ya, Kepulauan Mursala ini memiliki banyak pulau yang bisa kita kunjungi, yakni Pulau Putri, Pulau Jonggi, Pulau Talam, Pulau Kalimantung, Pulau Silabu-labu, Pulau Sitaban dan lain sebagainya.

Mendengar cerita diatas, sebenarnya sejak lama saya ingin liburan ke Pulau Mursala. Dan Alhamdulillah akhirnya saya bisa juga pergi kesana, tepatnya pada 17 Agustus 2018 kemarin di hari libur nasional maka saya manfaatkan untuk liburan. Saya pun ikut dalam rombongan open trip yang diadakan oleh salah satu komunitas pecinta wisata yang ada di Sumatera Utara.

Menempuh perjalanan selama 8 jam dari kota Medan, kami memulai perjalanan pada pukul 24.00 Wib. Dengan titik kumpul di pintu IV USU, akhirnya kami mulai melakukan perjalanan malam menggunakan 4 mobil jenis Kijang Inova. Ada sekitar 25 orang dalam rombongan open trip Pulau Mursala ini. Dan kamipun menyatu dan saling berkenalan satu sama lainnya.

Rute perjalanan yang kami lewati adalah melalui kota Medan - Tebing Tinggi - Pematangsiantar - Parapat - Balige - Siborong-borong - Tarutung - Sibolga - Pandan. Namun sebelum sampai ke kota Pandan, kami berhenti sejenak di goa peninggalan Belanda yang bernama "Terowongan Batu Lobang Sibolga", tepatnya di Jl. Sibolga - Tarutung, Simaninggir, kabupaten Tapanuli Tengah atau sebelum kota Sibolga.

Setelah puas melihat terowongan tersebut, kami pun melanjutkan perjalanan menuju kota Pandan. Ternyata kami sudah ditunggu oleh kapal penjemputan yang akan membawa kami ke kepulauan Mursala. Kapal yang akan membawa kami ke Pulau Mursala ini sudah kami pesan sebelumnya.

Kapal ini bersandar di Pantai Pandan, namun sebelum berangkat saya dan rombongan terlebih dahulu bergegas ke ruang ganti (toilet umum) untuk mengganti pakaian. Disnilah waktu yang tepat untuk mengenakan pakaian renang, karena saat diatas kapal tidak ada ruang ganti untuk mengganti pakaian saat anda ingin berenang nantinya.

Sebelum kapal berangkat, kami semua terlebih dahulu mengenakan baju pelampung yang disediakan oleh kru kapal tersebut. Perjalanan menggunakan kapal motor ke lokasi Air Terjun Mursala sekitar 2 jam lamanya. Selama di perjalanan, kita akan merasakan sedikit guncangan ombak yang membelah kapal saat melaju. Namun keindahan alam saat perjalanan akan melupakan ketakutan akan guncangan ombak tersebut. Dan berikut gambar keindahan Pulau Mursala yang saya foto selama perjalanan diatas kapal.


Nah..pada liburan kali ini, ada beberapa lokasi yang kami singgahi, seperti Air Terjun Mursala, Pulau Puteri, Pulau Jonggi, Pulau Talam dan Pulau Kalimantung. Namun untuk mengunjungi semua lokasi tersebut tidak cukup hanya sehari saja. Kami harus bermalam di Pulau Talam dan keesokan harinya lanjut menuju Pulau Kalimantung yang terkenal dengan keindahan pantai pasir putihnya yang halus.

Pengalaman Ikut Open Trip Ke Pulau Mursala


Oh ya untuk makan siang kami lakukan di Pulau Jonggi. Bekal makanan yang telah kami sediakan dibawa oleh salah satu kru rombongan kami yang dipesan di kota Pandan. Namun bagi anda yang ingin makan siang, silahkan bawa bekal makanan terlebih dahulu. Ada banyak rumah makan atau warung makanan saat kita berada di kota Sibolga maupun kota Pandan. Disitulah anda bisa memesan makanan untuk dibawa ke pulau nantinya.

Untuk makan malam dan sarapan pagi di keesokan harinya, kami lakukan di Pulau Talam. Disana ada home stay yang bisa disewa sebagai tempat beristirahat saat malam harinya. Jangan bayangkan jika home stay tersebut mewah ya, namun lebih dari cukup untuk kita bisa beristirahat dan memesan makanan di tengah-tengah pulau terpencil.

Setelah bermalam di Pulau Talam, keesokan paginya kami melanjutkan perjalanan ke Pulau Kalimantung. Lokasi dari Pulau Talam ke pulau ini tidaklah terlalu jauh. Sekitar 15 menit kita sudah bisa sampai disana.



Sayangnya saya tidak membawa snorkling saat berlibur disini, karena selain bisa melihat keindahan alam pantai, kita juga bisa melihat keindahan terumbu karangnya yang masih alami dan terjaga. Puas mengunjungi pulau ini, kami pun bergegas kembali ke Pantai Pandan dan melanjutkan perjalanan untuk kembali pulang ke kota Medan.

Lokasi Wisata Air Terjun Mursala



Tips Liburan Ke Pulau Mursala

Jika anda memiliki rencana berlibur ke Pulau Mursala, ada beberapa tips dari saya agar perjalanan anda terasa lebih mengesankan.
  1. Pastikan kondisi tubuh anda fit dan sehat.
  2. Sebelum melakukan perjalanan, sebaiknya berdoa meminta keselamatan agar sampai ke tujuan.
  3. Bawalah bekal obat-obatan seperti antimo, obat merah, perban dan lain sebagainya. Pengalaman saya ketika berenang dan tak sengaja menginjak terumbu karang yang mengakibatkan luka di telapak kaki.
  4. Jika perjalanan yang anda lakukan menggunakan mobil pribadi atau mini bus, sebaiknya pilihlah posisi bangku ditengah karena selama perjalanan anda tidak akan merasakan guncangan didalam mobil. Selain itu, jalan berkelok-kelok selama perjalanan akan membuat leher anda terasa berat jika berada di posisi bangku paling belakang.
  5. Bawalah peralatan berenang seperti Snorkling, karena anda bisa melihat keindahan bawah laut yang begitu indah dan alami.
  6. Sebaiknya anda membawa sarung tangan, masker dan kain sarung untuk melindungi tubuh dari kedinginan saat bermalam disana.
  7. Bawa uang saku secukupnya dan jangan berlebihan. Jika ingin membeli snack atau jajanan, sebaiknya sediakan saat anda berada di Medan atau Sibolga.
Nah itulah pengalaman open trip di Pulau Mursala yang menjadi pengalaman pribadi saya. Jika ada pertanyaan seputar liburan di Pulau Mursala, silahkan isi komentar dibawah ini.

Posting Komentar

0 Komentar