Menjejaki Spot Foto Hits Di Wisata Kalibiru Dan Pule Payung


Saat di Jogja tahun lalu, saya dan teman-teman se-kantor membuat rencana liburan ke beberapa tempat. Salah satunya mengunjungi objek wisata yang ada di Kulon Progo yakni tempat dimana kita bisa melihat pemandangan diatas perbukitan dengan view danau diatas awan. Bernama Wisata Kalibiru yang merupakan objek wisata yang lagi hits bagi kalangan anak muda untuk berselfie ria. Wisata alam dengan perbukitan ini menawarkan view yang begitu indah dengan beberapa spot untuk anda yang suka berfoto.

Wisata kalibiru dan Pule Payung berada di desa Hargowilis kecamatan Kokap kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Untuk menuju kesana dibutuhkan waktu sekitar 1-1,5 jam lamanya dari kota Yogyakarta, atau sekitar 40 km dari pusat kota.

Wisata Kalibiru dan Pule Payung ini tak lepas dari peran masyarakat sekitar untuk dijadikan objek wisata yang alami di daerah perbukitan yang rimbun. Dengan ketinggian 450 dpl, kita bisa menikmati sejuk dan segarnya udara disekitar sana.

Sebaiknya jika anda ingin kesana, datanglah di pagi hari agar bisa menikmati pemandangan dengan cuaca yang cerah, atau diwaktu senja agar bisa melihat matahari terbenam. Jika kemalaman kita bisa bermalam di penginapan yang ada disana.

Saat itu kami memulai perjalanan di pagi harinya dengan merental mobil jenis Kijang Inova. Namun untuk menuju lokasi wisata tersebut, mobil jenis tersebut tidak dianjurkan untuk menuju kesana, karena jalan yang menanjak dan berkelok lebih aman menggunakan mobil jenis jeep yang bisa kita sewa saat di posko informasi wisata yang ada disana.

Untuk tarif sewa jeep dikenakan sebesar Rp.350.000/harinya berikut dengan drivernya. Namun ada juga yang menyediakan sepeda motor trail yang bisa di sewa dengan harga yang lebih murah yang cocok untuk anda yang datang sendiri atau berdua.




Sebuah kiriman dibagikan oleh Arman Syah (@bos4rman) pada
Lokasi : Spot Wolu

Perjalanan menggunakan jeep hanya sekitar 30 menit lamanya yang melewati jalan sempit yang hanya bisa dilalui oleh satu kendaraan saja saat melintasi jalanan tersebut. Sang driver memiliki HT untuk berkomukikasi dengan driver lainnya agar bisa melewati jalan sempit menuju wisata Kalibiru tersebut. Ada beberapa posko persinggahan untuk mobil jeep yang menunggu giliran lewat sehingga perjalanan melewati jalan tersebut lancar dan tidak saling berpas-pasan.

Untuk menuju kesana, lokasi pertama yang dilewati adalah Kalibiru, namun kami memilih Pule Payung untuk dikunjungi terlebih dahulu.  Lokasi ini terbilang lebih baru dibandingkan Kali Biru, namun memiliki latar belakang pemandangan alam yang sama yakni waduk Sermo dan perbukitan.

Disini ada banyak lokasi spot untuk berselfie, dan cocok bagi instagrammer yang ingin mengoleksi moment liburannya di objek wisata yang indah diatas perbukitan. Dengan latar belakang pegunungan Menoreh dan waduk Sermo, serta rimbunan pepohonan pinus yang terbentang luas akan menjadikan pikiran kita terasa tenang. Apalagi bagi anda yang sibuk bekerja dan tinggal di kota dengan hiruk pikuk suasana kota yang begitu bising dan ramai.

Untuk masuk ke lokasi ini, kita akan melewati jembatan kayu diatas jurang dengan rimbunan hutan yang begitu alami. Jembatan ini juga cocok dijadikan sebagai spot berfoto gratis untuk anda yang suka dengan view pepohonan atau latar belakang hutan yang alami.


Selain itu, ada beberapa spot selfie yang pas untuk dijadikan sebagai tempat berfoto dengan view pemandangan waduk, seakan terlihat seperti danau diatas awan. Karcis untuk berfoto di wahana spot ini berkisar mulai dari 10.000 - 25.000 rupiah. Ada banyak spot foto yang bisa kita pilih, seperti spot angkasa, spot lolipop, spot wolu, spot jembatan surga, spot flying fox, spot sepeda langit, spot sky wing, spot kursi gantung dan lain sebagainya.

Spot Angkasa Pule Payung
Spot Angkasa
Kami hanya mencoba beberapa spot seperti spot angkasa, wolu dan spot kursi gantung. Puas berfoto-foto di Pule Payung, saatnya kami pindah ke lokasi Wisata Kalibiru. Lokasinya pun tidak jauh dari Pule Payung ini. Kita hanya sedikit turun kebawah, yakni sekitar 10 menit waktu perjalanan.

Di Kalibiru ini juga terdapat beberapa spot berfoto yang tak kalah bagusnya dengan Pule Payung. Seperti spot menara pandang, outbond, flying fox, tracking dan lain sebagainya.



Sayangnya, kondisi lagi hujan saat kami berada disana, sehingga spot berfoto yang ada disini tidak bisa kami gunakan. Kami pun bergegas untuk mencari tempat teduh sekaligus tempat untuk mengisi perut di warung yang ada di lokasi wisata tersebut.

Selesai makan dan hujan pun redah, akhirnya kami bergegas untuk kembali ke penginapan yang ada di kota Yogyakarta. Perjalanan wisata di Kalibiru dan Pule Payung ini menjadi moment yang tak terlupakan dan ingin rasanya untuk kembali kesana.

Peta Lokasi Wisata Kalibiru & Pule Payung



Tips Berlibur Ke Wisata Kalibiru

Ada beberapa tips dari saya jika anda berencana untuk berlibur ke Wisata Kalibiru dan Pule Oayung ini :

  1. Awali perjalanan anda dengan berdoa semoga sampai ditujuan dengan selamat.
  2. Pastikan kondisi tubuh anda dalam keadaan fit, karena ini merupakan wisata tracking yang banyak menanjak.
  3. Bawalah jaket atau pakaian tebal sehingga anda tidak merasa kedinginan saat berada disana.
  4. Jika ingin berkendara dengan sepeda motor, cek kondisi sepeda motor anda tersebut, apakah layak digunakan untuk menelusuri jalanan yang menanjak.
  5. Pastikan anda membawa kamera yang beresolusi tinggi untuk merekam moment-moment liburan anda saat berada disana.
  6. Untuk waktu yang pas saat berada disana adalah di pagi hari atau diwaktu senja.

Posting Komentar

0 Komentar